Foto-foto qyu

DSS Berorientasi Gabungan 07.01

DSS (Decision Support System)

DSS sebagai sebuah system yang memberikan dukungan kepada seorang manajer, atau kepada sekelompok manajer yang relative kecil yang bekerja sebagai team pemecah masalah, dalam memecahkan masalah semi terstruktur dengan memberikan informasi atau saran mengenai keputusan tertentu. Informasi tersebut diberikan oleh laporan berkala, laporan khusus, maupun output dari model matematis. Model tersebut juga mempunyai kemampuan untuk memberikan saran dalam tingkat yang bervariasi.

TUJUAN DSS (Decision Support System)
Dalam DDS terdapat tiga tujuan yang harus di capai yaitu :
• Membantu manajer dalam pembuatan keputusan untuk memecahkan masalah semi terstruktur.
• Mendukung keputusan manajer, dan bukannya mengubah atau mengganti keputusan tersebut.
• Meningkatkan efektivitas menajer dalam pembuatan keputusan, dan bukannya peningkatan efisiensi.
Tujuan ini berkaitan dengan tiga prinsip dasar dari konsep DSS, yaitu struktur masalah, dukungan keputusan, dan efektivitas keputusan.

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
Seiring pengembangan zaman, manusia dituntut membuat berbagai keputusan yang tepat dalam menghadapi permasalahan yang semakin kompleks. Oleh karena itu, dikembangkan DSS (Decision Support System) untuk dukungan pembuatan keputusan. Pada awalnya, DSS dimanfaatkan pada level manajerial. Namun, karena pertumbuhan pengetahuan dan kebutuhan dukungan keputusan yag tidak berasal dari dunia manajerial saja. DSS tumbuh sebagai konsep yang dapat digunakan pada berbagai bidang.

KLASIFIKASI DSS (Decision Support System)
DSS dapat diklasifikasikan berdasarkan strukturnya (framework) sebagai berikut :
• Text – Oriented DSS : menggunakan pengelolaan, perolehan, dan manipulasi informasi tidak terstruktur dalam format dokumen elektronik untuk dukungan keputusan.
• Database – Oriented DSS : menggunakan pengorganisasian struktur basis data yang umumnya dengan konfigurasi relasional dengan kapabilitas query dan report generation untuk dukungan keputusan.
• Spreadsheet – Oriented DSS : merupakan sistem pemodelan yang menggunakan perhitungan kompleks, statistik, simulasi, atau model optimisasi untuk membantu pembuat keputusan menganalisis situasi.
• Solver – Oriented DSS : menggunakan struktur algoritma atau prosedur dengan suatu program komputer yang dapat dieksekusi untuk dukungan keputusan.
• Rule – Oriented DSS : menyediakan keahlian penyelesaian persoalan (system pakar) yang disimpan dalam bentuk fakta, aturan, prosedur atau struktur tertentu.
• Compound – Oriented DSS : DSS hibrida yang mengkombinasikan dua atau lebih dari lima klasifikasi DSS yang telah di uraikan.

DSS (Decision Support System) Berorientasi Gabungan
DSS gabungan (Compound DSS) adalah suatu sistem hibrid yang meliputi dua atau lebih dari lima struktur dasar yang telah di jelaskan sebelumnya. DSS berorientasi gabungan ini merupakan gabungan dari DSS berorientasi teks, database, spreadsheet, solver, aturan, dan lain – lain, yang lebih mengacu pada sistem hibrid.

Contoh Kasus DSS (Decision Support System) Gabungan.
Pelaporan Keuangan, Dukungan Keputusan, dan EIS Membantu T & N Memprediksi Masa Depan.
T&N adalah pemasok papan atas dunia untuk komponen otomotif kualitas tinggi, juga bahan industri dan teknik. Turnover tahunan perusahaan lebih dari $4,1 miliar dan jumlah pekerja 43000 orang di seluruh dunia. Perusahaan membentuk divisi penasihat keuangan independen untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
Unit-unit operasi menginginkan informasi detail pada level produk; kelompok-kelompok produk menginginkan detail yang lebih luas, manejemen menginginkan rangkuman tingkat tinggi yang strategis dan informasi eksepsi (mensyaratkan 3 sistem: laporan keuangan, dukungan keputusan, informasi eksekutif), namun semua data harus konsisten.
MSS komprehensif diperkenalkan pada pertengahan tahun 1990-an. Data di transmisi lewat e-mail ke kantor pusat di Menchester (Inggris) untuk produksi akun kelompok. Data tersebut meliputi data akunting laba-rugi, analisis pengeluaran, arus kas, dan neraca.
T&N juga menyimpan teks penjelasan pada database. DSS yang di install dihampir semua titik konsolidasi utama pada kelompok. Memungkinkan koleksi dan agregasi data dilakukan dengan cepat. Akan tetapi, data tidak dilihat hanya sebagai informasi historis. Data tersebut digunakan untuk membantu memprediksi masa depan. T&N menggunakan model keuangan dan teknik-teknik seperti simulasi, perkiraan, stochastic, dan analisis varian statistik berdasarkan informasi yang akurat. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk melacak sumber daya dengan lebih langsung. Sukses DSS tersebut membuat sistem informasi perusahaan diimplementasikan secara penuh.

Sumber: Buku Sistem Penunjang Keputusan (Gunadarma)

0 komentar: