Foto-foto qyu

Teknologi ??? Baru makanan Buat Masa Depan... 21.44

Fujitsu L2010
Menuju Masa Depan dengan Teknologi Canggih

BELUM banyak manufaktur komputer PC dan laptop/notebook yang mengembangkan sebuah konsep komputer all-in-one dengan rancangan yang menarik dan futuristik. Teknologi memang harus memiliki nuansa futuristik karena memang harus membawa penggunanya ke sebuah pengalaman masa depan yang belum terbayangkan sebelumnya.

Nuansa futuristik dalam produk komputer yang sekarang ini sangat menonjol adalah produk buatan Apple Corp, dengan berbagai ragam seri komputer maupun gadget multimedianya seperti iPod. Produsen komputer lainnya, termasuk notebook, tidak banyak yang memberikan nuansa futuristik pada produknya.<>

Ada sebuah produk yang menarik perhatian Kompas, yang bisa mendeskripsikan nuansa futuristik ini. Nuansa futuristik tidak hanya terletak pada rancang desainnya yang menjadi pembungkus menarik produk tersebut, tetapi juga kandungan teknologi yang dibawanya. Produk ini adalah Fujitsu Lifebook L2010, sebuah konsep produk all-in-one yang memang dirancang dengan nuansa futuristik serta kehidupan yang berpacu secara cepat.

Bentuk futuristik L2010 ini memang tidak terdapat pada berbagai produk komputer dalam kategori notebook atau laptop. Fujitsu sendiri mengategorikan L2010 sebagai produk notebook. Rancangannya memang dibuat agar bisa dibawa ke mana-mana, ditujukan bagi pengguna yang selalu mobile karena tuntutan pekerjaannya.

Sepintas, bentuknya seperti sebuah layar monitor LCD ukuran 15 inci yang dilengkapi pengeras suara. Namun, kalau kita menyimak secara lebih rinci, L2010 ini menempatkan seluruh komponen komputasinya di belakang layar monitornya. Perbedaannya dengan sebuah notebook pada umumnya adalah L2010 benar-benar sebuah layar monitor berkomputer dengan keyboard dan mouse nirkabel yang digerakkan melalui gelombang inframerah.

Lebih unggul

Semua komponen komputasi L2010 menggunakan perangkat-perangkat yang lazim pada sebuah notebook atau laptop. Secara teknologi, L2010 yang menggunakan prosesor Mobile AMD Athlon XP-M 1800+ ternyata memiliki keunggulan yang sangat signifikan dibandingkan dengan teknologi Centrino yang menggunakan prosesor buatan Intel Corp.

Dalam streaming multimedia di jaringan Internet dengan fasilitas broadband, misalnya, L2010 mampu mempertahankan koneksi nirkabel 802.11b menggunakan Broadcom BCM4306 secara terus-menerus. Proses buffering untuk menerima data digital audio yang dialirkan pada jaringan Internet terus-menerus mampu diserap tanpa terhenti sama sekali.

Pada teknologi Centrino, kemampuan untuk mempertahankan laju arus data digital audio ini ternyata sangat rendah. Setiap kali, proses buffering untuk menampung data digital audio terhenti sehingga alunan musik radio Internet tidak mampu untuk bekerja secara normal pada aplikasi Windows Media Player.

Pada L2010, kemampuan komputasi antara prosesor buatan AMD (Advance Micro Device) dengan chipset dan komponen memori DDR266 sebesar 512 MB (standar yang disediakan Fujitsu sendiri sebesar 256 MB) ternyata memang lebih unggul dibandingkan dengan teknologi Centrino. Selama lebih dari 14 hari L2010 dihidupkan dan terhubung ke jaringan Internet, proses streaming digital audio berjalan terus tanpa terputus.

Kemampuan ini, sebelum muncul chipset 875 buatan Intel, hanya mampu dilakukan oleh perangkat-perangkat nirkabel buatan Apple. Artinya, dengan kemampuan tenaga komputasi yang ada, dan pertama kali digunakan pada L2010, prosesor Mobile AMD Athlon XP-M 1800+ teruji lebih andal sehingga dalam melakukan proses komputasi multimedia diperkirakan memiliki keunggulan dibandingkan dengan teknologi Centrino.

Dekorasi

Perangkat L2010 selain memiliki keyboard dan mouse nirkabel yang bisa dilepas bisa dibawa ke mana-mana, terutama di tempat yang tidak cukup ruang untuk menempatkan sebuah komputer PC. Yang menarik, L2010 ini juga dilengkapi dengan tombol tekan untuk mendengarkan musik, menonton DVD (L2010 dilengkapi dengan Combo Drive (DVD dan CD-RW), serta koneksi ke jaringan Internet (untuk memeriksa e-mail, misalnya).

Fujitsu L2010 adalah sebuah perangkat multimedia yang utuh, dilengkapi dengan dua pengeras suara di bagian depan dan sebuah subwoofer kecil (disebut Dolby Virtual Woofer) untuk menghasilkan tata suara Dolby Digital. Walaupun bisa dijalankan dengan aplikasi sistem operasi Linux, seperti RedHat, ada beberapa komponen yang tidak bisa dideteksi oleh RedHat seperti perangkat nirkabel pada L2010.

Secara standar, L2010 dilengkapi dengan sistem operasi Windows XP Home Edition dan aplikasi sendiri buatan Fujitsu. Yang menarik, salah satu aplikasi itu akan mengubah L2010 menjadi sebuah tayangan penanggalan dan waktu (seperti jam meja) begitu keyboard ditutup. Sebuah pemikiran yang ingin menjadikan L2010 sebagai bagian dekorasi interior di rumah atau di kantor.

Walaupun L2010 berubah fungsi menjadi sebuah jam meja, seluruh aplikasi Windows yang sedang berjalan akan tetap berfungsi. Dengan demikian, pengguna bisa mengetahui kalau ada sebuah e-mail yang masuk, atau bisa langsung bekerja kembali pada aplikasi yang sedang dijalankan.

Perangkat L2010 adalah pilihan menarik bagi mereka yang bergerak dan membutuhkan kemampuan komputasi optimal serta nuansa futuristik. Ketika pertama kali menggunakan L2010, memang ada pertanyaan siapa yang akan menggunakan perangkat futuristik L2010 ini.

Terpintas, L2010 akan menjadi bagian menarik dalam sistem perkantoran dengan ruang yang terbatas. Menjadikan para pegawai bergairah dan tak jenuh bekerja di balik layar pada satu tempat saja. Atau, ibu rumah tangga yang memerlukan akses informasi dengan kemampuan komputer yang andal serta ingin membawa perangkat L2010 ke seluruh ruangan rumah.

Baterai L2010 sendiri mampu bertahan selama tiga jam terus-menerus dengan menjalankan beberapa aplikasi perkantoran (seperti Microsoft Word), aplikasi jaringan Internet dan mendengarkan musik. Dan perangkat ini memang canggih dan futuristik. (rlp)

0 komentar: